Monday 6 August 2018

Apa yang layak di sombongkan , Baca dan renungkan

Billybaf,kehidupan.- Apa yang pantas kita sombongkan? Pertanyaan itu sejatinya harus ditanyakan pada diri sendiri dan dijawab dengan jujur. Apakah menyombongkan harta? Atau ingin menyombongkan tahta dan jabatan? Janganlah bersombong sebab hakikatnya semua yang kita miliki adalah titipan Allah yang kelak akan diminta kembali.
Bukan hanya tahta dan harta bahkan nyawa kita pun hanya titipan dari Allah. Selayaknya titipan, kita tidak punya hak untuk memintanya kembali ketika sudah diambil oleh Allah. Maka janganlah menyombongkan diri. Simaklah renungan ini agar kita menjadi orang yang rendah hati.


Referensi pihak ketiga
Kesombongan akan membawa ke dalam siksa api neraka. Bukankah setan dilemparkan Allah ke neraka karena sombong tidak mau untuk bersujud kepada Adam atas perintah Allah?


Referensi pihak ketiga
Bersombong tidak hanya tentang merendahkan manusia namun orang yang enggab menuju kebenaran dan menolak kebenaran juga termasuk kesombongan. Menolak kebenaran berarti merasa bahwa hidupnya tidak diawasi oleh Allah SWT.


Referensi pihak ketiga
Jangan pula bersombong karena sudah merasa tinggi ilmunya dan amalannya. Jika hal itu dilakukan maka sejatinya dialah yang akan menjadi rendah di hadapan Allah sebab kesombongan termasuk dari hal yang bisa merusak amal manusia.


Referensi pihak ketiga
Kita hanyalah seorang tamu di dunia ini sementara harta dan benda adalah titipan. Layaknya tamu akan pergi dan layaknya pinjaman semua akan dikembalikan. Lantas apa yang masih bisa kita sombongkan?


Referensi pihak ketiga
Kekaguman orang lain kepada diri kita pada dasarnya adalah kebesaran Allah yang telah menutup aib diri kita. Oleh sebab itulah tak seharusnya menyombongkan diri ketika ada orang yang menyanjung diri kita.


Referensi pihak ketiga
Nasehat di atas sering kita temui. Jika menemukan hal itu atau bahkan pernah melakukan hal itu maka lekas hindarilah. Jangan sampai hanya karena kesombongan amal ibadah menjadi berkurang.
Itulah sedikit renungan tentang kesombongan yang semoga dapat memberikan manfaat bagi segenap sahabat pembaca. Salam membaca dan salam inspirasi. Senantiasalah menjadi pribadi yang rendah diri.

Dengan doa dan berjalan maka anda akan mendapatkan yang terbaik buat hidup anda

No comments:

Post a Comment

Terpopuler

Tutorial membuat akun blogger , Billybaf |Tutorial

Billybaf,-Tutorial . sepertii yang kita ketahui semua bahwa blogger sudah terbukti menghasilkan uang, mungkin kamu juga mau menghasilkan u...